7 Jenis Tanaman Hias Kaktus yang Tidak Berduri

  • Bagikan
Meski dikenal berduri runcing, terdapat jenis lain yang tanpa duri dan berbunga cantik. Berikut jenis tanaman hias kaktus yang tidak berduri.
banner 468x60


Jakarta, Eksekutif —

Kaktus dikenal sebagai tanaman hias dengan duri runcing di tubuhnya. Duri pada kaktus merupakan modifikasi dari daun yang bertujuan agar terlindung dari predator dan mengurangi penguapan air, sehingga mampu bertahan meski tidak disiram dalam waktu lama.

Namun ternyata, kaktus juga memiliki jenis lain yang tidak memiliki duri tajam. Jenis kaktus yang tidak berduri ini bervariasi, ada yang berpermukaan lembut, kasar, hingga berbulu halus pada bagian daging tanamannya.

Berikut 7 jenis kaktus yang tidak berduri.


1. Kaktus Paskah (Schlumbergera gaertneri)

Foto: iStockphoto / Yvonne Lebens
Schlumbergera Gaertneri adalah jenis kaktus yang tidak berduri.

Schlumbergera atau kaktus paskah adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak dibudidayakan. Kaktus yang tergolong mini ini tidak memiliki berduri, serta menghasilkan bunga berwarna cerah.

2. Kaktus Bintang (Astrophytum asterias)

Tampilan jarak dekat Cactus Astrophytum Asterias dalam pot di pertanianFoto: iStockphoto / Keeratikorn Suttiwong
Astrophytum Asterias merupakan jenis kaktus yang tidak berduri.

Kaktus bintang berukuran kecil, bulat bak cakram, dan tidak berduri. Tinggi maksimalnya hanya mencapai 6 cm dan diameter 5-15 cm.

Meski tidak berduri, kaktus bintang memiliki bulu-bulu halus di sekitarnya. Selain itu, tanaman ini juga berciri cokelat kehijauan dan ada bintik-bintik di lapisan kulitnya.

3. Kaktus Centong (Opuntia ellisiana)

Buah ara India melawan langit biru.Foto: iStockphoto/RinoCdZ
Opuntia merupakan jenis kaktus yang tidak memiliki duri.

Kaktus centong tanpa duri ini bisa jadi dekorasi menarik untuk sudut rumah. Kaktus ini banyak tumbuh di wilayah tropis.

Di samping bentuknya yang unik, kaktus Opuntia ellisiana menghasilkan bunga mekar dengan warna merah mencolok. Meskipun kaktus centong tidak memiliki duri tajam yang panjang, bintik-bintik kecil pada dagingnya bisa menusuk kulit jika disentuh sembarangan.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

4. Kaktus Biru (Mammillaria plumosa)

Mammillaria plumosa Cactus dengan bunga merah mudaFoto: iStockphoto/bgton
Mammillaria plumosa adalah jenis kaktus yang tidak berduri namun memiliki bulu halus yang menyelubungi.

Mammillaria plumosa atau kaktus bulu memiliki bulu lembut yang menyelubungi bagian tanaman. Bulu tersebut menjadikannya salah satu kaktus yang aman untuk disentuh.

Jika duri pada kaktus biasanya untuk proteksi terhadap dari hewan pemakan tumbuhan, sementara bulu pada kaktus ini memberikan perlindungan dari sengatan matahari di gurun.

Jenis kaktus yang tak berduri asal Meksiko ini banyak tumbuh di semak belukar xerofit. Kaktus bulu banyak dikumpulkan masyarakat setempat dari alam liar dan dijual pada waktu Natal.

5. Kaktus Tulang Ikan (Epiphyllum anguliger)

[Gambas:Instagram]

Epiphyllum anguliger yang umumnya dikenal sebagai kaktus tulang ikan adalah spesies kaktus asli Meksiko. Kaktus jenis ini biasa ditanam sebagai tanaman hias karena bunganya yang harum di musim gugur.

Kaktus tulang ikan menjadi populer belakangan ini lantaran bentuknya yang unik, sekilas mirip tanaman pakis. Batangnya zigzag, pipih, berwarna hijau segar nan cerah, tanpa daun, serta tak memiliki duri di tubuhnya.

6. Kaktus Peyote (Lophophora williamsii)

[Gambas:Instagram]

Kaktus peyote berasal dari Gurun Chihuahan di Texas dan Meksiko. Merujuk Panduan Penanaman Terarium, kaktus yang tidak berduri ini berbentuk bulat mirip dimsum dumpling dengan diameter kurang dari 12 cm.

Kaktus peyote cukup mudah dirawat asalkan selalu dipastikan berada dalam cuaca hangat, terang, dan ventilasi yang baik. Bunganya berukuran kecil berwarna merah jambu yang tumbuh tepat di tengah atas kaktus ini.

7. Kaktus Topi Uskup (Astrophytum myriostigma)

satu bunga di kaktus topi uskup, Phoenix musim semi, Arizona ASFoto: iStockphoto/gurineb
Kaktus topi Uskup adalah jenis kaktus yang tidak berduri.

Astrophytum myriostigma, juga disebut topi Uskup adalah jenis kaktus yang tak berduri. Myriostigma berarti bintik atau titik-titik lantaran memiliki banyak titik putih kecil di tubuhnya.

Mengacu pada Berkebun Tahu Caranya, kaktus ini punya julukan demikian lantaran ketika bunganya mekar, akan tumbuh berwarna kuning. Selain itu, sisik berbulu putih akan banyak muncul dan menyerupai topi Uskup.

Kaktus ini tidak memiliki akar yang kuat. Untuk itulah, pemilihan tanah yang ringan dan cepat kering membantu kaktus tanpa duri ini tumbuh lebih lama.

(fef)

[Gambas:Video CNN]


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *