7 Tanda Tubuh Kelebihan Air Putih: Kram sampai Linglung - MAJALAH EKSEKUTIF (eksekutif.com)

7 Tanda Tubuh Kelebihan Air Putih: Kram sampai Linglung

  • Bagikan
Memperbanyak konsumsi cairan atau air putih disebut turut berkontribusi pada kelembapan, kesehatan kulit. Benarkah demikian?
banner 468x60


Jakarta, Eksekutif —

Minum air putih memang menyehatkan tubuh. Namun kebanyakan minum air biasa juga berbahaya. Ada beberapa tanda tubuh kelebihan air putih.

Tubuh kelebihan air putih dikenal sebagai overhydrated (overhidrasi). Overhidrasi adalah ketidakseimbangan cairan. Hal ini terjadi ketika tubuh memiliki dan menahan lebih banyak cairan dalam tubuh dibanding yang dikeluarkan tubuh.

Mengutip orang dalam, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan efek samping yang berkisar dari iritasi ringan hingga mengancam jiwa – dan overhidrasi dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Elektrolit dalam tubuh seperti kalium, natrium, dan magnesium membantu mengatur segala sesuatu mulai dari ginjal sampai jantung. Namun ketika tubuh kelebihan air

Rasa haus adalah tanda tubuh butuh air putih. Namun ada beberapa orang yang ternyata minum meskipun tak haus.

Jadi jika Anda menenggak air bahkan ketika Anda tidak haus, Anda bisa minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh Anda. Biarkan rasa haus menjadi pemandu dan alarm Anda untuk minum.

Sebenarnya, tanpa disadari, tubuh punya alarm otomatis ketika kekurangan atau kelebihan air. Hanya saja banyak orang yang tak sadar dengan alarm ini. Berikut beberapa tanda tubuh kelebihan air putih:

1. Linglung atau disorientasi

Dalam kasus ekstrem, minum terlalu banyak air dan menurunkan konsentrasi natrium dalam darah Anda dapat menyebabkan otak Anda membengkak berbahaya.

Jika Anda mulai mengalami gejala, seperti kebingungan, kejang, atau kehilangan kesadaran, segera hubungi dokter.

2. Urine jernih

Sama seperti rasa haus, air seni juga menjadi penanda kurang atau banyak minum.

Mengutip saluran kesehatan, urine kuning pucat yang terlihat seperti limun (sedikit kekuningan) menunjukkan hidrasi yang sehat. Urine yang tidak berwarna, di sisi lain, mungkin berarti Anda kelebihan cairan dan perlu mengurangi asupan air.

Tanda tubuh kebanyakan minum air putih masih ada di halaman selanjutnya…

Tanda tubuh kebanyakan minum air putih

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terhubung Dengan Kami
EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Yang asli, mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.