8 Aktivitas Sunday Self-Care untuk Jaga Kesehatanmu - MAJALAH EKSEKUTIF (eksekutif.com)

8 Aktivitas Sunday Self-Care untuk Jaga Kesehatanmu

  • Bagikan
8 Aktivitas Sunday Self-Care untuk Jaga Kesehatanmu
banner 468x60


Menjaga kesehatan emosi, pikiran, dan tubuh diri adalah hal penting yang sayangnya seringkali kita abaikan. Padahal, kamu melakukannya dengan rutin, seperti perawatan diri hari minggu.

Tahukah kamu bahwa perawatan diri yang dilakukan setiap hari Minggu menentukan suasana hati dan produktivitasmu seminggu ke depan?

Ya, khususnya di Senin pagi, ketika kita seringkali bangun tidur sambil mengeluh karena sadar bahwa akhir pekan sudah berakhir.

Biasanya, kita terlalu sibuk dengan sejuta kegiatan lain sampai-sampai tidak punya waktu luang untuk diri sendiri.

Tidak susah, kok, untuk melakukan minggu perawatan diri dengan rutin. Berikut 8 kegiatan yang Eksekutif sudah rangkum untukmu.

1. Merawat diri sendiri

Luangkan waktu untuk memanjakan diri. Setelah seminggu penuh bekerja, pikiran, emosi dan tubuhmu perlu waktu untuk rileks agar bisa semangat lagi.

Sage dan mekar menyebutkan, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti creambath di salon dan perawatan spa.

Kalau sedang ingin memanjakan diri di rumah saja, kamu bisa meditasi, maskeran, permandian dgn busa sabun, atau hubungi tukang pijat ke rumah.

Tubuh yang segar akan membuat pikiran segar juga—bahkan sampai keesokan harinya.

2. Membaca buku atau menonton film

© Freepik.com

perawatan diri hari minggu adalah saat yang tepat untuk melanjutkan rekomendasi buku atau film yang sudah kamu kumpulkan.

Baik membaca maupun menonton, dua kegiatan ini sama-sama bisa memberikan wawasan baru.

Ini juga bisa membuat pikiranmu segar karena untuk sesaat, kamu bisa mengasah imajinasi ketika sedang “menjelajahi dunia lain”.

3. Menghubungi orang-orang terdekat

Jangan sampai kamu terasing dari lingkaran terdekatmu karena terlalu sibuk bekerja. Bertemu wajah-wajah familier merupakan salah satu kegiatan yang baik untuk emosi dan pikiran.

Aktivitas perawatan diri minggu ini bisa berupa makan siang dengan teman-teman dekat, atau makan malam dengan keluarga.

Kalau punya hewan peliharaan di rumah, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk bermain dengannya. Yakin, deh, pikiranmu akan jadi lebih rileks setelah itu.

4. Jalan keluar rumah

© Freepik.com

Sinar matahari yang cukup bisa menambah asupan vitamin D dan memperbaiki suasana hati—apalagi jika ditambah dengan udara segar.

Memang sulit mendapatkan hal ini di tengah pandemi ini, karena penuh dengan kekhawatiran dan harus pakai masker.

Tetapi, bukan berarti tidak bisa. Kamu bisa kunjungi taman terdekat untuk joging, duduk-duduk sambil membaca buku, atau bermain bersama anjing atau kucingmu.

Bukan hanya jalan-jalan di taman, tanpa keluar rumah kedai kopi atau tempat pencuci mulut favorit juga bisa memberikan efek yang sama.

Yang penting, kamu mendapatkan suasana yang berbeda dari biasanya.

5. Membereskan rumah

Bagaimana rasanya memulai hari kerja dengan rumah yang kotor? Jangankan semangat untuk bekerja, semangat untuk keluar kamar saja bisa keburu meluap.

Melansir Kotak Garam, bangun tidur dan melihat sekelilingmu bersih di hari Senin akan membuat pagimu lebih baik. Kalau dipikirkan memang terasa melelahkan, sih.

Tetapi setelah dijalankan, kamu pasti akan merasa lebih lega dan senang. Bagaimanapun, rumah yang bersih berpengaruh besar pada kesehatan emosi, pikiran dan tubuh.

6. Menyusun rencana makan untuk satu minggu ke depan

aktivitas di jam makan siang saat wfh

© Freepik.com

Daripada setiap pagi bingung harus makan apa, lebih baik kamu rencanakan dari hari Minggu. Dengan begitu, kamu juga bisa sekalian belanja mingguan untuk makan satu minggu ke depan.

Seperti yang kamu mungkin sudah tahu, belanja bisa menjadi terapi untuk melepaskan beban pikiran.

Tidak, berbelanja memberimu kesempatan untuk mewujudkan perawatan diri minggu tanpa menyiksa keuangan. Siapkan juga bahan makanan untuk hari Senin agar besok paginya kamu tidak repot.

7. Tidak memikirkan hal-hal berat

Jangan menambah beban pikiran di hari Minggu. perawatan diri hari minggu juga berarti memberi pikiranmu waktu untuk beristirahat dari hal-hal yang akan membuatmu semakin pusing.

Tinggalkan masalah-masalahmu satu hari saja agar kamu bisa berfokus pada ketenangan dirimu sendiri.

8. Tidur lebih awal

kebiasaan yang bikin sulit tidur

© Freepik.com

Tidak ada yang membuat suasana hati lebih berantakan selain bangun kesiangan dan terburu-buru ke kantor. Jangan sampai di hari pertama kerja setelah akhir pekan kamu sudah terlambat.

Hindari kejadian ini dengan tidur awal di Minggu malam. Selain memberi kesempatan dirimu untuk istirahat lebih cepat, jam tidur yang cukup akan membuatmu bangun pagi dengan segar.

Itulah delapan aktivitas ampuh yang buat perawatan diri minggu-Anda berarti lebih.

Banyak yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan kepedulian pada diri sendiri. Beberapa di antaranya bahkan bisa kamu lakukan tidak hanya di hari Minggu, tetapi juga di sela-sela kegiatan harian.

Jangan sampai kesibukan yang lain membuatmu lupa akan kebutuhan untuk perawatan diri.

Kalau kamu saja bisa sepeduli itu dengan pekerjaan, kenapa tidak bisa meluangkan satu hari saja untuk diri sendiri?

Jika kamu masih butuh informasi soal perawatan diri dan keseimbangan kehidupan kerja lainnya, temukan di Eksekutif Blog.

Dari tips dan trik hingga rekomendasi aktivitas seru hadir dalam ragam artikel yang telah Eksekutif buat.

Yuk, klik di sini untuk temukan dan baca artikel-artikelnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *