8 Gejala Kanker Prostat pada Tahap Awal yang Sering Tak Disadari

  • Bagikan
Kanker prostat adalah kanker yang berkembang di kelenjar prostat. Kenali gejala kanker prostat pada tahap awal yang sering kali tak disadari


Jakarta, Eksekutif —

Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono didiagnosis menderita kanker prostat. Kanker prostat adalah kanker yang berkembang di kelenjar prostat. Kenali gejala kanker prostat pada tahap awal yang sering kali tak disadari.

Berdasarkan kajian CDC, gejala kanker prostat dapat berbeda pada setiap orang. Beberapa pria bahkan tidak memiliki gejala sama sekali. Dalam sejumlah kasus, gejala juga kerap muncul pada stadium lanjut.

Gejala kanker prostat umumnya berkaitan dengan urine, air mani, serta proses keluarnya urine dan air mani. Hal ini terjadi karena prostat merupakan kelenjar di sistem reproduksi.

Kelenjar prostat juga berfungsi membuat sejumlah cairan yang terkandung dalam air mani. Urine dan air mani juga akan melewati pusat prostat sebelum keluar dari tubuh melalui penis.

Dokter Haekal Anshari menjelaskan gejala kanker prostat umumnya muncul saat kanker semakin membesar dan mengalami peradangan.

“Pada tahap ini penderita akan merasakan gejala berupa gangguan buang air kecil seperti susah buang air kecil, mengejan, hingga kurang lampias setelahnya,” kata Haekal kepada CNNIndonesia.com, Selasa (2/11).

Berikut gejala kanker prostat:

Salah satu gejala kanker prostat pada tahap awal adalah kesulitan buang air kecil. (Foto: iStockphoto)
  1. Kesulitan memulai buang air kecil atau urine sulit keluar.
  2. Aliran urine yang lemah atau sering tersendat.
  3. Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  4. Sulit mengosongkan kandung kemih saat kencing.
  5. Sakit atau sensasi terbakar saat kencing.
  6. Ada darah dalam urin atau sperma.
  7. Sakit di bagian belakang, pinggul, dan tulang panggul.
  8. Sakit saat ejakulasi.

Waspadai gejala kanker prostat ini. Jika Anda mengalami satu atau lebih gejala tersebut, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Gejala kanker prostat yang dideteksi dini memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi. Tingkat kesintasan kanker prostat (survival rate) 5 tahun mendekati 100 persen.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini