9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Dibawa Pulang

  • Bagikan
Go Tik Swan adalah seorang seniman, budayawan sekaligus pelopor batik Indonesia.


Jakarta, Eksekutif

Berkunjung ke Malang, Jawa Timur tak lengkap jika belum membawa pulang oleh-oleh khasnya sebagai buah tangan.

Selain menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, daerah yang dikenal sebagai kota bunga ini juga menyediakan berbagai macam produk oleh-oleh khas Malang yang banyak diburu oleh wisatawan.

Mulai dari oleh-oleh berupa makanan hingga kerajinan tangannya. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang banyak diincar wisatawan untuk dibawa pulang.

1. Batik Malang

Meski tak sepopuler kota lainnya seperti Yogya, Solo, dan Pekalongan, namun Malang juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil batik di Indonesia.

Batik Malang memiliki keunikan tersendiri terkait motif dan pilihan warna yang merepresentasikan kotanya.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan batik Malangan di sentra pembuat batik Kota Malang yakni di Batik Tulis Celaket (BTC). Mulai dari batik cap hingga batik tulis dengan beragam motif cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari Malang.

2. Keripik tempe

Keripik tempe identik sebagai oleh-oleh khas Malang (Foto: iStockphoto/Tyas Indayanti)

Malang terkenal sebagai penghasil tempe berkualitas baik. Tak heran jika olahan tempe banyak ditemukan di kota ini. Salah satunya adalah keripik tempe yang identik sebagai oleh-oleh andalannya.

Untuk mendapatkan keripik tempe, Anda bisa langsung datang ke Kampung Sanan ataupun sentra oleh-oleh Malang. Di sana tersedia keripik tempe dengan berbagai macam rasa, seperti original, balado, jagung manis, barbeque, pizza, hingga keju.

3. Keripik buah

Selain keripik tempe, keripik buah merupakan camilan khas Malang yang sering dibawa sebagai oleh-oleh. Keripik yang dijual menggunakan aneka ragam buah-buahan, seperti apel, nangka, salak, mangga, rambutan, dan masih banyak lagi.

Proses pengolahan keripik buah khas Malang terbilang unik. Menggunakan metode penggorengan vakum, keripik buah yang dihasilkan minim kandungan minyak. Keripik buah dapat dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh Kota Malang.

4. Kaos Malang

Ilustrasi jaketKaos Malang yang identik dengan sablon bahasa Walikan sering dijadikan oleh-oleh khas Malang (Foto Ilustrasi: Pixabay/jarmoluk)

Mirip seperti Yogya yang punya kaos Dagadu dan Bali dengan kaos Jogernya, Malang juga memproduksi kaos khas yang dikenal dengan sebutan soak Ngalam.

Kaos Malang ini identik dengan sablon bertuliskan bahasa walikan yang diadopsi sebagai ‘bahasa gaulnya’ warga Malang. Tak cuma dari segi desain yang nyentrik, material kain yang digunakan tergolong nyaman dengan harga cukup terjangkau.

5. Topeng Kemalangan

Topeng Malang yang biasa digunakan untuk pagelaran seni masyarakat setempat, juga diproduksi sebagai suvenir oleh-oleh.

Ciri khas topeng Malangan yakni karakter wajah pada topeng yang tampak nyata dengan warna yang cenderung berani dibandingkan topeng dari daerah lainnya.

Oleh-oleh topeng Malangan cocok buat keluarga atau kerabat yang menyukai seni artistik agar bisa dipajang sebagai hiasan rumah.

6. Keramik Dinoyo

Ilustrasi Membuat GerabahKeramik Dinoyo menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang (Ilustrasi Foto: LubosHouska/Pixabay)

Saat liburan ke Malang, sempatkan untuk mengunjungi Pusat Industri Keramik Dinoyo. Tempat ini merupakan sentra kerajinan keramik Kota Malang yang memiliki koleksi keramik beserta pernak-perniknya.

Di pusat keramik ini, Anda dapat melihat deretan galeri yang memajang kerajinan keramik yang dibuat oleh para perajin. Selain melihat-lihat, Anda juga bisa membeli keramik sebagai oleh-oleh atau cendera mata, mulai dari mug, teko set, hiasan rak, vas bunga, hingga guci.

7. Bumbu sambal pecel

Bagi pencinta hidangan khas Jawa Timur ini, Anda bisa membawa pulang bumbu pecelnya sebagai oleh-oleh. Bumbu pecel instan yang sudah dikemas rapi ini sangat praktis dibawa dan punya daya penyimpanan yang tahan lama.

Bumbu sambal pecel instan mudah ditemukan di toko oleh-oleh Malang dengan harga terjangkau.

8. Minuman sari apel

Jus apel mengalir dari buah apel merah di musim panas ke dalam gelasMinuman sari apel merupakan salah satu oleh-oleh khas Malang (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Boarding1Now)

Malang memang terkenal dengan apel dan segala olahannya, mulai dari keripik, jenang, cuka, hingga minuman sari apel. Sari apel sendiri disukai oleh masyarakat Malang dan sering disajikan sebagai suguhan.

Ada banyak produsen lokal yang menghasilkan produk minuman sari apel. Oleh-oleh Malang yang murah ini bisa ditemui di pusat oleh-oleh atau di sekitar kawasan agrowisata apel.

9. Pia mangkok Malang

Pia mangkok merupakan oleh-oleh legendaris khas Malang yang sudah ada sejak lama. Berbeda dengan pia dari daerah lainnya, pia mangkok Malang punya ciri khas kulit renyah dengan isian yang lembut.

Varian isinya pun beragam, menyesuaikan dengan rasa kekinian. Selain tersedia rasa original yakni kacang hijau, ada pula cokelat, keju, green tea, durian, nanas, kopi, dan tang kwe.

Di tengah pandemi Covid-19, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antarpengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.

(fef)

[Gambas:Video CNN]


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini