Alasan Susu Kental Manis Tak Boleh Diseduh - MAJALAH EKSEKUTIF (eksekutif.com)

Alasan Susu Kental Manis Tak Boleh Diseduh

  • Bagikan
BPOM mengungkapkan bahwa susu kental manis tak boleh diseduh. Ada alasan susu kental manis tak boleh diseduh.
banner 468x60


Jakarta, Eksekutif —

Susu kental manis telah menjadi satu dari sekian banyak jenis susu yang dikonsumsi masyarakat berbagai usia dengan cara diseduh air panas dan diminum. Namun ada alasan susu kental manis tak boleh diseduh.

Selain itu susu kental manis juga sebaiknya tak digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi. Hal ini diungkap oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito. Kata dia, susu kental manis bukan untuk pengganti susu dan tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi.

“Susu kental manis tidak boleh diberikan kepada bayi sampai usia 12 bulan,” kata Penny dalam kesaksiannya di situs tersebut. BPOM.

Penny juga meminta para pelaku usaha wajib mencantumkan label peringatan dalam kemasan susu kental manis. Peringatan itu untuk menjelaskan bahwa susu kental manis tidak untuk dikonsumsi balita dan bukan sebagai pengganti ASI.

“Peringatan tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi juga harus ditambahkan pada label produk susu kental manis dan analognya,” kata dia.

Susu kental manis kerap dikaitkan sebagai faktor penyebab kurang gizi yang bisa menyebabkan stunting dan underweight(tubuh pendek dan berat badan kurang) pada anak.

Meski demikian, Pakar Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Rimbawan mengungkap studi analisis hubungan konsumsi susu kental manis dengan status gizi dan kesehatan masih sangat terbatas, sehingga perlu penelitian yang lebih mendalam.

Memang, ada beberapa data yang mengatakan status gizi kurang dijumpai pada anak yang lebih banyak mengonsumsi susu kental manis.

Hasil Survei Sosial dan Ekonomi Nasional 2016 memberikan gambaran persentase belanja susu masyarakat didominasi susu kental manis yaitu sebesar 60-74 persen.

Mayoritas mereka yang membeli susu kental manis berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah. Data lain juga menyebut adanya penggunaan susu kental manis sebagai pengganti susu formula.

Bahkan sebagian kecil digunakan sebagai pengganti ASI. Untuk itu, pemahaman orang tua menjadi penting dalam memberikan asupan pangan bagi anak, termasuk dalam pemberian konsumsi susu kental manis.

Alasan susu kental manis tak boleh diseduh

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terhubung Dengan Kami
EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Yang asli, mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.