ASDP Disuntik Rp 388 Miliar, Bukan Duit Tapi 12 Kapal Motor

  • Bagikan
ASDP Disuntik Rp 388 Miliar, Bukan Duit Tapi 12 Kapal Motor


Jakarta, Eksekutif – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan mengusulkan memberikan penyertaan modal negara (PMN) berupa 12 kapal motor penumpang kepada PT ASDP Ferry Indonesia. PMN berupa barang milik negara (BMN) itu ditaksir bernilai Rp 388,56 miliar.

“Terkait ASDP, jumlah nilai PMN berupa BMN pada ASDP Rp 388 miliar,” kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR, pada Selasa (19/9/2023).

Rionald mengatakan mayoritas 12 kapal motor penumpang itu nantinya akan dioperasikan di wilayah Indonesia bagian timur. Sejumlah nama KMP yang akan diberikan adalah KMP Barnega Jaya dan KMP Kolorai. Menurut dia, PMN ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan PT ASDP di wilayah Indonesia tersebut.

“ASDP diharapkan bisa menjadi jembatan maritim untuk Indonesia Timur,” kata dia.

Dia mengatakan peningkatan akses di wilayah Indonesia Timur akan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Menurut dia, kapal-kapal itu akan berguna untuk melayani lintasan penyeberangan orang maupun barang antar pulau di wilayah-wilayah Indonesia. “Penyertaan modal ini akan memberikan dampak positif bagi PT ASDP,” kata dia.

Jumlah PMN berupa BMN yang diserahkan kepada ASDP pada 2024 lebih besar daripada yang diberikan pada 2023. Pada tahun ini, PMN yang diberikan kepada PT ASDP senilai Rp 204 miliar. PMN tersebut berupa lima kapal sebagai Barang Milik Negara (BMN) yang akan menjadi milik PT ASDP (Persero).

Penetapan aset BMN melalui kelima kapal tersebut sebagai tambahan PMN kepada ASDP merupakan rangkaian penugasan negara kepada ASDP untuk menjalankan fungsi keperintisan, dan membuka lintasan-lintasan baru untuk mendukung program pemerintah.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Menteri Erick Usul PMN Rp 8 Triliun Buat Sehatkan WIKA

(haa/haa)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terhubung Dengan Kami
Link Asli adalah EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Organik kami berintegritas. Mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.
Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini