BI Kerek Bunga Acuan 50 Basis Poin, Rupiah Terbaik di Asia!

  • Bagikan
Happy Weekend! 8 Hari Keok, Rupiah Akhirnya Menguat Lagi


Jakarta, CNBC Indonesia – Rupiah melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (22/9/2022). Meski demikian, rupiah menjadi mata uang terbaik di Asia setelah mampu memangkas pelemahan setelah Bank Indonesia (BI) memberikan kejutan. 

Melansir data Refinitiv, rupiah mengakhiri perdagangan di Rp 15.015/US$, melemah 0,13% di pasar spot. Sebelumnya, Mata Uang Garuda sempat menyentuh Rp 15.040/US$ yang merupakan level terlemah dalam lebih dari 2 tahun terakhir.

Meski melemah, rupiah menjadi mata uang terbaik di Asia pada hari ini. Sebab pelemahannya paling kecil. Berikut pergerakan dolar AS melawan mata uang utama Asia hingga pukul 15:09 WIB.

BI sekali lagi memberikan kejutan dengan mengerek suku bunga acuan sebesar 50 basis poin. Padahal, konsensus yang dihimpun Eksekutif mayoritas memperkirakan kenaikan sebesar 25 basis poin.

“Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 21-22 September 2022 memutuskan untuk menaikkan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 50 bps menjadi 4,25%, suku bunga Deposit Facility sebesar 3,5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 5%,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers.

Pada bulan lalu, BI juga memberikan kejutan dengan menaikkan suku bunga 25 basis poin. Padahal konsensus yang dihimpun Eksekutif memperkirakan BI masih akan menahan suku bunga acuannya.

Pada pengumuman hasil RDG hari ini, BI juga memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah agar sejalan dengan nilai fundamentalnya akibat tingginya ketidakpastian pasar keuangan global, di tengah peningkatan permintaan ekonomi domestik yang tetap kuat.

“Bank Indonesia juga terus memperkuat respons bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan momentum pemulihan ekonomi,” kata Perry, dalam paparan hasil rapat dewan gubernur (RDG) BI, Kamis (22/9/2022).

TIM RISET CNBC INDONESIA 

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Tunggu Kejutan dari BI, Rupiah Melemah Lagi

(pap/pap)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terhubung Dengan Kami
Link Asli adalah EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Organik kami berintegritas. Mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.
Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini