Bukan Hanya Gojek, Mafia Google dan Lazada Juga di Mana-Mana

  • Bagikan
Bukan Hanya Gojek, Mafia Google dan Lazada Juga di Mana-Mana


Jakarta, Eksekutif – Perusahaan teknologi ternama kerap disebut sebagai “kampus startup” karena para eks karyawan kembali terjun dan membuat perusahaan rintisan sendiri.

Seperti Gojek, yang sejak awal berdiri sudah menjadi tempat “sekolah” untuk talenta terbaik di bidang teknologi. Apalagi mereka kini telah menjelma menjadi perusahaan terbuka dengan nama GoTo setelah merger dengan Tokopedia.

Tak heran banyak yang menyamakan lulusan Gojek dengan PayPal Mafia, rentetan pendiri yang berpengalaman bekerja di PayPal.

Founder Tesla, LinkedIn, Palantir, SpaceX, YouTube, dan Yelp semuanya adalah mantan eksekutif dan pegawai PayPal. Tentunya yang paling terkenal adalah Elon Musk, orang terkaya kedua di dunia.

Menurut data dari Asia Partners bertajuk ‘2023 Southeast Asia Internet Report’, total ada 317 eks Gojek yang menjadi founder atau CEO di startup mereka sendiri.

Jumlah tersebut total dari jumlah yang dihimpun oleh Asia Partners. Pada tahun 2019 ada 84 mantan karyawan Gojek yang mendirikan perusahaan sendiri. Pada 2022, jumlahnya telah mencapai 233 orang.

Gojek bukan satu-satunya “kampus startup” paling produktif. Di peringkat pertama ada Sea Group dengan total 528 mantan karyawan yang membangun perusahaan rintisannya sendiri. Jumlahnya bertambah 439 orang di 2022, dibanding 2019 yang hanya 89 orang.

Sea Group adalah perusahaan induk dari Shopee dan Garena, perusahaan teknologi asal Singapura yang sahamnya diperdagangkan di bursa Amerika Serikat.

Lalu ada raksasa global Google. Ada 481 orang mantan karyawan Google yang mendirikan startup sendiri. Jumlah pendiri startup asal Google naik dua kali lipat, yaitu bertambah 235 orang dari 3 tahun sebelumnya yang berjumlah 246 orang.

Lalu, ada perusahaan ecommerce Lazada. Total ada 407 alumni Lazada yang mendirikan startup sendiri. Pada 2019, sudah ada 261 orang alumni Lazada yang mendirikan startup.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

PHK Massal Padahal Modal Berlimpah, Startup Boros Bayar Gaji?

(dem)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terhubung Dengan Kami
Link Asli adalah EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Organik kami berintegritas. Mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.
Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini