Diet dan Turun Berat Badan Bisa Cegah Kanker

  • Bagikan
Studi terbaru mengungkapkan bahwa menurunkan berat badan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan termasuk mencegah kanker.


Jakarta, Eksekutif

Diet dan menurunkan berat badan bukan hanya perkara penampilan yang lebih kurus. Studi terbaru mengungkapkan bahwa menurunkan berat badan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan termasuk mencegah kanker.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal JNCI Cancer Spectrum menemukan bahwa menurunkan berat badan dapat mengurangi risiko kanker kolorektal. Kanker kolorektal merupakan kanker yang berkembang di usus. Kanker ini adalah salah satu kanker paling banyak ketiga di dunia baik pada pria maupun wanita.

Hasil studi ini didapat setelah peneliti menganalisis 17 ribu peserta yang menjalani skrining kanker prostat, paru-paru, kolorektal, dan ovarisum. Hasil analisis menunjukkan bawah penurunan berat badan selama 5 tahun dapat mengurangi risiko polip berkembang di usus besar hingga 46 persen.

Para peneliti mengamati sekitar 17.000 peserta dalam sebuah studi tentang skrining kanker prostat, paru-paru, kolorektal, dan ovarium dan menemukan bahwa mereka yang kehilangan berat badan selama periode penelitian 5 tahun, 46% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan polip di usus besar.

Dikutip dari Makan ini, peneliti menyebut penurunan berat badan 0,5 kg saja dapat memberikan efek yang baik untuk penurunan risiko kanker kolorektal.

Sebaliknya, kenaikan berat badan justru meningkatkan risiko berkembangnya polip yang dapat menjadi kanker.

Penambahan berat badan 2,7 kg dapat meningkatkan kemungkinan polip berkembang lebih dari 30 persen.

Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan setiap orang untuk melakukan diet yang sehat untuk menurunkan berat badan dan mencegah kanker kolorektal. Selain itu, terapkan pula gaya hidup sehat seperti berolahraga, tidur yang cukup, dan mengelola stres.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini