Digugat Nike, MSCHF Tarik dan ‘Refund’ Sepatu Setan Lil Nas X

  • Bagikan
Sebuah sepatu kontroversial ludes terjual hanya dalam waktu satu menit saja. Sepatu ini diberi nama Satan Shoes atau sepatu setan.


Jakarta, Eksekutif —

Setelah menuai kontroversi, produsen mode MSCHF (dibaca Mischief) resmi menarik peredaran sepatu setan Lil Nas X di pasaran.

Perusahaan yang berbasis di Brooklyn ini diminta menarik peredaran sepatu setan setelah digugat Nike atas pelanggaran merek dagang.

“Kami telah setuju menyelesaikan gugatan tersebut. Sebagai bagian dari penyelesaian masalah, Nike meminta kami menarik sepatu tersebut, dan kami telah setuju untuk memulai penarikan sepatu setan dan Sepatu Yesus dari peredaran,” kata MSCHF, dilansir AFP, Sabtu (10/4).

Nike sendiri mengajukan gugatan ke pengadilan federal karena sepatu MSCHF Lil Nas X ini memicu pemboikotan Nike dari konsumen yang tersinggung. Pasalnya banyak orang yang konsumen yang menganggap koleksi sepatu tersebut digawangi oleh Nike.

“Para pihak senang untuk melupakan perselisihan ini,” kata juru bicara Nike dalam sebuah pernyataan.

Sepatu setan yang dibuat MSCHF berkolaborasi dengan rapper Lil Nas X memodifikasi sepatu Nike Air Max 97 berwarna hitam, lengkap dengan sol merah yang mengandung setetes darah manusia, juga lambang pentagram di antara tali sepatu. Sepatu ini menuai kontroversi sejak dipasarkan, namun 666 pasang sepatu ini langsung ludes terjual dalam 1 menit.

Pada 2019, MSCHF juga memodifikasi Nike Air Max 97 berwarna putih. Modifikasi itu ia beri nama ‘Sepatu Yesus’ karena menggunakan air suci yang diberkati oleh pendeta pada solnya.

Kini MSCHF akan menarik peredaran dua sepatu tersebut atas permintaan Nike.

“Ini adalah penarikan sukarela, Anda berhak sepenuhnya memilih apakah akan mengembalikan Sepatu Setan atau Sepatu Yesus Anda,” ujar MSCHF.

Dikutip dari AFP, dalam email hari Jumat, perusahaan menawarkan pengembalian dana penuh dari harga eceran asli dan biaya pengiriman kepada pelanggan yang membeli Sepatu Setan atau “Sepatu Yesus” yang dirilis sebelumnya.

Sepatu Setan dijual dengan harga US$ 1.018 atau Rp14 juta.

(mel / chs)

[Gambas:Video CNN]


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini