Golongan Darah yang Berisiko Sakit Jantung Menurut Penelitian

  • Bagikan
Sejumlah studi menunjukkan golongan darah tertentu meningkatkan risiko penyakit jantung. Berikut golongan darah berisiko sakit jantung.


Jakarta, Eksekutif —

Sejumlah studi menunjukkan golongan darah tertentu meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung. Berikut golongan darah yang berisiko terkena penyakit jantung.

Terdapat empat golongan darah yakni A, B, AB, dan O. Setiap golongan darah memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik inilah yang membuat golongan darah tertentu lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Berikut golongan darah yang berisiko terkena penyakit jantung.

Studi dari Universitas Harvard menunjukkan orang dengan golongan darah A, B, dan AB berisiko lebih besar terkena penyakit jantung daripada orang dengan golongan darah O.

Penelitian ini dilakukan terhadap 89.500 orang dewasa dan berlangsung jangka panjang yakni selama 20 tahun. Peneliti menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB 23 persen lebih mungkin mengalami penyakit jantung daripada yang lain.

Golongan darah yang berisiko terkena penyakit jantung menurut penelitian adalah golongan darah AB, B, dan A. Sedangkan golongan darah O memiliki risiko paling rendah. (Foto: Stockphoto/JarekJoepera)

Orang dengan golongan darah tipe B memiliki peningkatan risiko 11 persen, dan golongan darah A memiliki peningkatan risiko 5 persen.

Dikutip dari Obat Penn, studi yang dipublikasikan pada 2017 terhadap satu juta pasien juga menunjukkan orang dengan golongan darah A, B, AB memiliki risiko 9 persen lebih mungkin mengalami penyakit jantung dibandingkan golongan darah O.

Namun perlu diingat, bukan berarti jika Anda memiliki golongan darah ini berarti akan mengalami penyakit jantung.

Terdapat banyak faktor risiko penyakit jantung yang lebih mungkin menyebabkan seseorang mengalami sakit jantung seperti pola makan tinggi lemak, tidak berolahraga, kurang tidur, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan merokok.

Hindari faktor risiko ini dengan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini