Harga Galaxy S20 Turun ke Rp 6,5 Juta di 2023, Layak Beli Ga?

  • Bagikan
Harga Galaxy S20 Turun ke Rp 6,5 Juta di 2023, Layak Beli Ga?


Jakarta, Eksekutif – Samsung meluncurkan seri Galaxy S20 pada 2020 alias 3 tahun lalu. HP ini membawa banyak peningkatan dan inovasi dibandingkan pendahulunya, Galaxy S10.

Misalnya saja dari segi layar, di mana Galaxy S20 yang pertama kali memakai teknologi layar Dynamic AMOLED 2X. Spesifikasi layar ini kemudian dipertahankan sampai di Galaxy S23 teranyar.

HP ini juga yang memperkenalkan kepekaan sentuhan (touch sampling) berkecepatan 240Hz atau meningkat 2x lipat dari Galaxy S10. Hasilnya, pengalaman scrolling dan main game lebih bisa diandalkan.

Saat ini, Galaxy S20 sudah tak tersedia di situs resmi Samsung. Namun, Anda masih bisa membeli unit baru bergaransi resmi SEIN melalui gerai online dan offline. Pantauan Eksekutif, harganya dipatok di kisaran mulai Rp 6,5 jutaan.

Harga itu turun 50% dibandingkan ketika HP ini pertama kali diperkenalkan dengan harga mulai Rp 12,9 jutaan. Pertanyaannya, apakah Galaxy S20 masih layak dibeli di 2023? Simak artikel ini sampai habis!

Desain dan layar Galaxy S20, masih relevan?

Jika dibandingkan dengan desain Galaxy S23, memang sudah berubah jauh dari era Galaxy S20. Layar Galaxy S20 lebih melengkung, sementara Galaxy S23 reguler lebih datar.

Kendati demikian, desain Galaxy S20 masih relevan dengan era sekarang, apalagi dengan bezel super tipis yang dihadirkan Samsung. Layar 6,2 incinya juga tak cupu, sudah memiliki refresh rate 120Hz yang masih menjadi salah satu spesifikasi layar tertinggi.

Kamera Galaxy S20, masih oke?

Galaxy S20 membawa inovasi kamera jumbo 64MP (telefoto) yang memiliki kemampuan zoom hingga 30x. Kamera ini ditemani sensor berkualitas 12MP (ultrawide) dan 12MP (wide).

Melihat HP keluaran 2022, kualitas kamera 64MP belum ketinggalan zaman. Megapiksel serupa masih dipertahankan di Galaxy S21. Bahkan, pada Galaxy S22 yang lebih baru, kamera utamanya mentok di 50MP saja.

Software Galaxy S20, masih update?

Tahun lalu, Samsung membuat komitmen untuk menyediakan pembaruan sistem operasi Android hingga 4 tahun untuk perangkatnya. Sayangnya, Galaxy S20 tak masuk daftar.

Komitmen itu berlaku mulai dari Galaxy S21. Jadi, Galaxy S20 bisa dibilang tak terlalu awet dari segi software jika Anda baru beli sekarang. Dari bocoran terbaru, Galaxy S20 tak akan kebagian Android 14 dengan One UI 6.0. Namun, HP ini masih kebagian Android 13 dengan One UI 5.1.

Performa Galaxy S20, masih garang?

Galaxy S20 memakai Exynos 990 yang pada masanya memang merupakan chipset garang dengan fabrikasi 7nm. Namun, jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang dibuat khusus untuk seri Galaxy S23, tentu tak apple-to-apple.

Kendati begitu, untuk scrolling media sosial, streaming film, main game mobile, dan melakukan aktivitas sehari-hari, sebenarnya chipset ini masih memadai. Apalagi, Galaxy S23 punya kapasitas RAM yang cukup besar, 8GB.

Kesimpulan, Galaxy S20 masih layak beli?

Untuk HP yang pernah menjadi primadona di eranya, Galaxy S20 masih layak jika Anda mendambakan perangkat dengan layar mumpuni dan kamera andal. Apalagi, itu bisa didapatkan dengan harga Rp 6,5 jutaan.

Namun, di sisi lain, perlu dipertimbangkan soal usia perangkat ini yang tak panjang karena update software-nya terbatas sampai Android 13.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Galaxy S22 Banting Harga Jelang Rilis Galaxy S23, Ini Speknya

(tib)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terhubung Dengan Kami
Link Asli adalah EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Organik kami berintegritas. Mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.
Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini