Induk TikTok Caplok Game Mobile Legends, Tencent Terancam?

  • Bagikan
Induk TikTok Caplok Game Mobile Legends, Tencent Terancam?


Jakarta, Eksekutif – Bytedance mengkonfirmasi unit video game perusahaan Nuverse telah setuju untuk mengakuisisi Moonton Technology yang berbasis di Shanghai, China. Ini jadi upaya induk TikTok ini untuk masuk lebih dalam ke dalam bisnis video game.

Akuisisi studio video game pembuat game Mobile Legends ini akan membuat Bytedance bersaing secara langsung dengan raksasa teknologi China lainnya, Tencent yang punya bisnis besar di bisnis video games.

“Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang pesat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat penawaran game global Nuverse,” kata ByteDance seperti dikutip dari Reuters, Senin (22/3/2021).


Dalam memo internal, Yuan Jing, CEO Mooton Technology, mengatakan setelah akuisisi perusahaan akan beroperasi secara independen dari ByteDance, mengutip seorang sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Mooton Technology yang didirikan oleh seorang mantan karyawan Tencent paling terkenal di Asia Tenggara dengan game multiplayer online battle arena (MOBA) Mobile Legends.

Tencent, perusahaan video game dan media sosial terbesar di China, mengajukan penawaran untuk Mooton tetapi perusahaan malah menerima tawaran Bytedance, ungkap dua sumber yang mengetahui situasi tersebut.

Saat dihubungi Reuters, Tencent mengatakan tidak mengomentari spekulasi pasar.

Akuisisi ini berarti ByteDance sekarang memiliki game MOBA yang dapat bersaing dengan Honor of Kings dan League of Legends dari Tencent, keduanya merupakan uang tunai untuk Tencent.

Sejak 2017, Tencent dan Riot Games telah mengajukan beberapa gugatan terhadap Mooton dengan alasan pelanggaran hak cipta.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini