Kemkes Sebut Penularan Varian Delta 10 Kali Lipat Lebih Cepat

  • Bagikan
Kemkes Sebut Penularan Varian Delta 10 Kali Lipat Lebih Cepat



Eksekutif – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian Delta penularannya sangat cepat, yakni 10 kali lipat dari varian sebelumnya.

Nadia menyebutkan, varian Delta ini menular sangat cepat, mencapai 10-15 detik orang berpapasan tanpa memakai masker sudah bisa membuat orang tersebut terinfeksi Covid-19. Sementara untuk varian Covid-19 yang lama, terjadi penularan setelah berpapasan hingga 10-20 menit kemudian baru bisa terpapar Covid-19.

“Jadi 10 kali kecepatan penularan varian Delta dengan varian Covid-19 yang lama,” kata Nadia dalam dialog daring bertajuk Varian Baru Covid-19 Sudah Menyebar di Seluruh Indonesia, Pemerintah Kecolongan?, Selasa (29/6/2021).

Nadia menyebutkan, meski penularan varian Delta sangat cepat, hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan bukti yang cukup bahwa varian Delta menyebabkan terjadinya pengurangan dari efikasi sebuah vaksin.

“Jadi betul sampai saat ini mengapa kita juga melakukan upaya percepatan vaksinasi adalah dalam rangka mengendalikan laju penularan yang terjadi dan termasuk dengan beberapa kota di Pulau Jawa, hampir semuanya sudah ditemukan adanya varian Delta ini,” katanya.

Menurutnya, ada dua faktor yang mempercepat kenaikan kasus Covid-19 saat ini dibandingkan situasi Desember 2020-Januari 2021, yakni adanya peningkatan mobilitas masyarakat yang tinggi pada bulan Ramadan dan pasca-Idulfitri serta kendurnya protokol kesehatan (prokes).

Oleh karena itu, Nadia kembali mengingatkan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan dan membatasi mobilitas sebagai bentuk kerja sama dalam pengendalian kasus Covid-19.


Photo Credit: Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggelar vaksinasi massal di Istora Gelora Bung Karno. Humas/PPKGBK

Didik Fitrianto
Postingan terbaru oleh Didik Fitrianto (Lihat semua)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini