Ketahui Tips Merawat Motor Selama PPKM Berlangsung

Redaksi - Tak Berkategori
  • Bagikan
Ketahui Tips Merawat Motor Selama PPKM Berlangsung
banner 468x60


BALI – Pemerintah memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa-Bali yang hingga saat ini masih berlangsung hingga kini. Hanya orang-orang yang bekerja di sektor esensial dan kritikal yang diijinkan bermobilisasi.

Langkah ini diambil oleh pemerintah untuk semakin menekan angka kasus COVID-19 di Indonesia. Selain kesehatan tubuh yang harus diperhatikan, ada hal lain yang tak boleh terlewatkan, yaitu kondisi motor Anda. Dengan WFH, tentun kita lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga sehingga jarang sekali mengunakan kendaraan untuk beraktifitas.

Lebih sering menghabiskan waktu bersama keluargan dirumah, sering kali kita lupa untuk memanaskan mesin kendaraan kita, seperti motor yang akan lebih sering diparkir di rumah saja. Jika dibiarkan diam begitu saja dalam waktu yang lama, kendaraan bisa dapat rusak.

Oleh sebab itu, Yamaha Bali ingin membagikan tips merawat motor yang jarang digunakan, supaya mesin dan performanya tetap prima ketika nanti suwaktu-waktu akan dipakai kemabali.

1. Sesekali Panaskan Mesin Motor

Baca juga :  Tekiro Raih Top Digital Public Relation Award 2020

Motor Anda harus selalu rutin dipanaskan agar gerak mesinnya selalu terjaga kelancarannya. Dan tak hanya itu saja, memanaskan mesin juga akan memicu pelumas untuk selalu melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi. Jika dibiarkan mati terus menerus, pelumas atau olinya itu akan mengendap. 

Pemanasan ini tak perlu lama-lama. Di pagi hari selama kurang lebih 3 hingga 5 menit saja juga sudah cukup.

2. Selalu cek Bagian Rantainya

Selain mesin, hal yang harus Anda perhatikan lainnya adalah bagian rantai motor. Sebab bagian ini sangat mudah sekali karatan apalagi jika motor jarang digunakan seperti di saat sekarang. 

Untuk menghindarinya, rantai motor Anda keadaannya harus selalu seperti biasa. Tidak kendor dan juga tidak basah karena air. Jika terlihat kering, segera lapisi dengan pelumas, supaya korosi pada rantai bisa dicegah.

3. Saat Akan Digunakan, Jangan Lupa untuk Menguras Tangki Bahan Bakarnya

Saat Anda akan menggunakan motor matic Anda, setelah sekian lama didiamkan, yang perlu Anda lakukan adalah menguras tangki bahan bakarnya. Hal ini dilakukan supaya endapan bensin basi yang ada di dalam tangki bisa dicegah dan dihindarkan. 

Baca juga :  HUT FORWOT Ke-16, Sikap Profesionalitas & Menjawab Tantangan di Era Disrupsi

Akan sangat bahaya jika keadaan ini terjadi. Fuel pump pada tangki motor Anda kemungkinan besar akan mengalami kerusakan. Akhirnya, kerja mesin menjadi menurun dan performa motor pun ikutan menurun.

4. Jangan Lupa untuk Mencabut Aki dan Memastikan Tidak Ada Kabel yang Tersambung

Jika Anda berencana untuk tidak menggunakan motor matic Anda dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda mencabut aki yang ada pada motor Anda tersebut. Sebagaimana Anda tahu, aki punya fungsi yang penting yaitu sebagai sumber listrik yang akan digunakan motor untuk bekerja. Nah jika dicabut, aliran listrik di dalam motor akan mati.

Tak hanya itu saja. Saat akan mendiamkan motor dalam jangka waktu yang lama, pastikan juga tak ada kabel yang masih terhubung. Sebab jika masih ada yang terhubung, listrik masih mengalir. Memang sih tidak akan berbahaya. Hal ini hanya akan membuat aki soak, karena daya listriknya terbuang percuma. 

Baca juga :  Ini Spesifikasi Yamaha WR 155R Pesaing CRF 150 dan KLX 150

5. Ingin Melakukan Servis dirumah tanpa repot?

Buat Anda yang ingin melakukan servis motor tetapi terkendala dengan situasi PPKM seperti sekarang, Anda bisa menghubungi Service Kunjung Yamaha (SKY) yang disediakan oleh dealer Yamaha terdekat khususnya di daerah Bali.

Service Kunjung Yamaha (SKY) merupakan layanan resmi dari Yamaha untuk konsumen yang ingin melakukan servis motor dari rumah saja. Caranya cukup gampang, untuk konsumen yang ada di daerah Bali bisa hubungi 081246364052 dan jelaskan apa kendala pada motor Anda.

Nah, semoga info di atas bermanfaat untuk bantu Anda menjaga kondisi motor tetap baik dan siap diajak bekerja lagi saat PPKM berakhir. [Po/byn]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *