Mengenal 4 Venue PON Papua dan Spot Wisatanya

  • Bagikan
Danau Sentani, Taman Nasional Wasur dan Taman Nasional Lorentz ialah beberapa objek wisata dalam kawasan yang menjadi venue PON Papua 2021.


Jakarta, Eksekutif —

Ajang pertandingan olahraga empat tahunan di Indonesia, Pekan Olahraga Papua (PON), akan kembali digelar pada tahun ini di Provinsi Papua.

Bernama PON XX 2021 Papua dan digelar 2-15 Oktober 2021, venue yang dipilih ialah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

Provinsi Papua ialah provinsi paling timur di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merupakan pulau terbesar ke-dua di dunia. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Menyandang sebutan “Bumi Cenderawasih” karena menjadi habitat burung cenderawasih yang endemik, awalnya Papua bernama Irian Barat. Asal kata Irian adalah “Indonesia Anti-Netherland”.

Namanya berganti menjadi Irian Jaya atas usulan Presiden Soeharto pada tahun 1973, bersamaan dengan peresmian tambang tembaga dan emas Freeport.

Kemudian nama Irian Jaya berganti lagi menjadi Papua pada era Presiden Gus Dur, sesuai dengan UU No. 21/2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

Dengan luas wilayah provinsi sebesar 316.553,07 kilometer persegu, Papua ialah provinsi terluas di Indonesia yang dihuni oleh 3.435.430 jiwa (BPS, 2020).

Provinsi Papua terdiri dari 255 suku dan 290 bahasa, serta terdapat lima wilayah adat, yaitu; Mamta dan Saereri di bagian Utara, La Pago dan Mee Pago di bagian Tengah dan Anim Ha di bagian Selatan.

Waktu yang berlaku di Provinsi Papua adalah Waktu Indonesia Timur (WIT), dengan selisih 9 jam dari waktu Greenwich atau bisa dikatakan waktu di Papua lebih cepat dua jam daripada Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kondisi waktu tersebut menjadikan Provinsi Papua merupakan provinsi yang paling pertama mendapatkan sinar matahari dari seluruh provinsi di wilayah NKRI.

Mari mengenai lebih lanjut empat venue PON XX 2021 Papua berikut spot wisatanya:

Pemandangan dari venue Paralayang untuk PON Papua di Bukit Kampung Buton, Kota Jayapura, Papua. (Indrayadi TH/Indrayadi TH)

1. Kota Jayapura

Kota Jayapura merupakan ibu kota Provinsi Papua. Kota ini berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Jayapura didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachse dari kerajaan Belanda, sehingga sempat bernama Hollandia.

Setelah Hollandia, Jayapura juga sempat dinamai Kota Baru dan Sukarnopura.

Pada tahun 1968, kota ini baru menyandang nama Jayapura, yang bermakna kota kemenangan.

Saat berkunjung ke kota ini, jangan lupa menyambangi Teluk Youtefa, yang baru saja memiliki Jembatan Youtefa.

Panorama teluk dan jembatan di Youtefa mejeng di uang kertas Rp75 ribu.

Danau Imfote, pemandangan yang indah dan salah satu destinasi terkenal di Jayapura, Papua, Indonesia.  Bentuk danaunya terlihat seperti hati.Danau Imfote yang berbentuk hati sehingga sering juga disebut “Danau Love”. (iStockphoto/Jenchi Eri)

2. Kabupaten Jayapura

Beranjak ke Kabupaten Jayapura, ibu kotanya ialah Sentani yang dikenal akan keberadaan Danau Sentani.

Di kota ini pula berdiri Bandara Internasional Sentani. Sebelum mendarat atau lepas landas, mata akan disuguhi pemandangan bukit-bukit bak punggung dinosaurus di tengah hamparan danau seluas 104 kilometer persegi itu.

Objek wisata yang paling terkenal adalah Monumen Mac Arthur yang terletak di Puncak Ifar.

Jenderal Douglas Mac Arthur merupakan salah satu perwira dari Amerika Serikat yang berhasil merebut Papua dari Jepang saat Perang Dunia II.

Dari Puncak Ifar, wisatawan juga bisa sekaligus menikmati pemandangan Danau Sentani. Kedua objek wisata alam ini masuk dalam kawasan Pegunungan Cagar Alam Cyclops – yang juga membentang hingga ke Kota Jayapura.

Kawasan bukit dan danau lainnya yang bisa dikunjungi di Kabupaten Jayapura ialah Bukit Teletubbies dan Danau Imfote.

Wisata bahari lainnya yang tersedia di Kabupaten Jayapura ialah pantai dan air terjun, seperti Pantai Tablanusu, Pantai Pasir Enam, Pantai Yacoba, Pantai Harlem, Kali Biru Genyem dan Air Terjun Cyclops.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya…

Mengenal 4 Venue PON Papua dan Spot Wisatanya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terhubung Dengan Kami
Link Asli adalah EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Organik kami berintegritas. Mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.
Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini