Misterius! Pabrik Jepang Masih Ogah Jualan Mobil Listrik

  • Bagikan
Misterius! Pabrik Jepang Masih Ogah Jualan Mobil Listrik


Jakarta, Eksekutif – Satu per satu pabrikan mobil mulai menatap kendaraan elektrifikasi. Setelah pabrikan asal Korea Selatan Hyundai dan Pabrikan China Wuling mulai jor-joran untuk menggarap kendaraan ini. Terbaru Toyota pun dikabarkan bakal merilis mobil elektrifikasi, memang bukan langsung Battery Electric Vehicle (BEV), melainkan Hybrid.

Toyota dikabarkan bakal meluncurkan Innova Hybrid sebagai pengganti Kijang Innova Diesel. Informasi ini terungkap dari tenaga penjual di Diler Toyota. Namun, pihak agen pemegang merk (APM) belum bisa berbicara banyak.

“Saya belum bisa komen untuk future product strategy,” kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi kepada Eksekutif, Kamis (22/9/22).

Tanda-tanda munculnya kendaraan elektrifikasi Toyota terlihat sejak Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2022 Maret lalu, dimana kala itu TAM secara mengejutkan menampilkan Toyota Kijang Innova EV.

Memamerkan kendaraan listrik juga dilakukan agen pemegang merk lain, salah satunya Daihatsu. Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu, Daihatsu menampilkan mobil konsep Ayla EV.

Meski sudah terlihat gagah dari eksteriornya, namun Daihatsu belum bisa memastikan kapan bakal merilis mobil ini. Padahal, progres pengembangannya terus terlihat. Dimulai 2020 dengan riset, pengembangan detail lanjut di 2021 dan desainnya di 2022 ini.

“Ini merupakan konsep car kita masih studi, begitu selesai nanti akan kita kasih tahu. Kita selesaikan proses studi terlebih dahulu. Kapan selesainya? Begitu selesai nanti kita kasih tahu,” kata Direktur Marketing PT ADM, Sri Agung Handayani di GIIAS lalu.

Honda juga mengumumkan akan memperkenalkan dua model hybrid baru di Indonesia pada tahun 2023. Kedua model tersebut akan mengusung teknologi e:HEV, yaitu sistem hybrid terdepan dari Honda yang memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik, emisi yang lebih bersih, namun dengan performa sporty yang menjadi ciri khas seluruh mobil Honda.

Tak hanya itu, setelah memperkenalkan dua model e:HEV tersebut, Honda terus memperkenalkan model berbasis listrik lainnya, termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia.

“Sementara untuk mendukung terwujudnya visi elektrifikasi Honda di Indonesia, kami menampilkan berbagai model hybrid yang akan menjadi teknologi yang kami fokuskan saat ini sebagai transisi menuju era elektrifikasi,” kata kata Kotaro Shimizu, President Director PT Honda Prospect Motor.

Adapun pabrikan Jepang yang sudah lebih dulu mencuri start dalam penjualan mobil listrik adalah Suzuki. Melalui APM PT Suzuki Indomobil Sales, mereka resmi meluncurkan All New Ertiga Hybrid pada Jumat (10/6/22) lalu di Atrium Mall Kelapa Gading 3.

“Harga All New Ertiga Hybrid mulai dari Rp 270,3 untuk tipe GX transmisi manual hingga tertinggi Rp 292,3 juta untuk All New Ertiga Hybrid Suzuki Sport transmisi matic. Harga perkenalan ini sampai Agustus 2022,” kata Hady Surjono Salim Deputy Sales and Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Viral! Mobil Listrik Mungil Wuling Nongol, Berapa Harganya?

(hoi/hoi)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terhubung Dengan Kami
Link Asli adalah EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Organik kami berintegritas. Mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.
Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini