Waduh! 184 Ribu Pemudik dari Jawa Belum Nyebrang ke Sumatera

  • Bagikan
Waduh! 184 Ribu Pemudik dari Jawa Belum Nyebrang ke Sumatera


Jakarta, Eksekutif – PT ASDP Indonesia Ferry melaporkan, sampai pada Jumat malam (29/4/2022) atau H-3 Lebaran 2022 ini tercatat sebanyak 184.521 pemudik belum menyeberang dari Pulau Jawa menuju Sumatera.

Bahkan, masih ada 35.989 sepeda motor, 4.523 mobil dan 1.285 bus. Adapun jumlah masyarakat yang belum pulang kampung itu diprediksi akan memenuhi Pelabuhan pada Jumat malam hingga Minggu (1/5/2022) mendatang.

“Kalau menurut perkiraan kami H-2 dan H-1 masih ada pemudik yang menyeberang, dari data dibanding 2019 masih ada sekitar 40 persen yang akan melakukan perjalanan,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin di Pelabuhan Merak, seperti dikutip CNN Indonesia, Jumat (29/4/2022) 

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menyiagakan 69 kapal, saat ini ada 42 kapal berukuran besar yang dioperasikan untuk mengangkut pemudik.

Jalan Cikuasa Atas masih terus dijadikan kantung parkir oleh kepolisian, selama dermaga di dalam pelabuhan terisi penuh. Polisi akan mengalihkan kendaraan ke dalam pelabuhan jika terdapat kekosongan.

Menurut Shelvy, antrean kendaraan yang keluar pelabuhan salah satunya disebabkan oleh pemudik yang sudah masuk ke pelabuhan tapi belum membeli tiket.

“Jadi gini yang terjadi banyak sekali penumpang yang datang belum punya tiket. Jadi kami ingatkan kembali bagi seluruh calon pemudik, apabila ingin melakukan perjalanan melalui Ferry, kami sarankan untuk membeli tiket di luar pelabuhan sebelum masuk pelabuhan. Tiket kami bisa dibeli lewat Ferizy,” terangnya.

Bagi pemudik yang tiketnya kedaluarsa akibat terjebak macet, PT ASDP Indonesia Ferry akan tetap membolehkan naik kapal dengan bantuan petugas mudik.

“Apabila ada pengguna jasa yang memang mengalami kemacetan karena ada penyekatan dari kepolisian atau keterlambatan, dalam periode Lebaran ini akan membantu untuk mengakomodir pengguna jasa agar bisa naik ke atas kapal,” jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini