Harta Bos Facebook Melonjak Rp148 T Sehari, Gegara Metaverse?

  • Bagikan
Harta Bos Facebook Melonjak Rp148 T Sehari, Gegara Metaverse?


Jakarta, Eksekutif – Harta Mark Zuckerberg naik US$ 10,1 miliar atau Rp148,06 triliun dalam sehari. Tepatnya, pertambahan harta yang fantastis ini terjadi pada Kamis (27/4/2023) pukul 17.00 EST atau Jumat (28/4/2023) pukul 04.00 WIB.

Saat ini, Forbes mencatat kekayaan CEO perusahaan induk Facebook, Meta Platforms Inc. (NASDAQ: META) itu senilai US$ 84,9 miliar atau setara Rp1.244,6 triliun.

Lonjakan ini berkat harga sham Meta yang terbang lebih dari 14% pada hari Kamis, menyentuh level tertinggi baru dalam 52 minggu. CNBC melaporkan, torehan kinerja moncer untuk kuartal pertama 2023 ini tidak terduga.

Penjualan kuartal pertama Meta naik 3% dari $27,91 miliar setahun sebelumnya, setelah tiga periode berturut-turut di mana pendapatan menurun.

Untuk kuartal kedua tahun ini, induk Facebook itu mengharapkan pendapatan antara US$ 29,5 miliar dan US$ 32 miliar. Sementara analis mengharapkan penjualan US$ 29,5 miliar, menurut Refinitiv.

“Kami memiliki kuartal yang baik dan komunitas kami terus berkembang,” kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan “menjadi lebih efisien sehingga kami dapat membangun produk yang lebih baik dengan lebih cepat dan menempatkan diri kami pada posisi yang lebih kuat untuk menyampaikan visi jangka panjang kami,” katanya.

Unit Meta Reality Labs, yang mengembangkan realitas virtual (VR) dan teknologi augmented reality untuk metaverse, menghasilkan penjualan $339 juta tetapi mencatat kerugian operasional sebesar $3,99 miliar. Perusahaan menambahkan, kerugian operasional di Reality Labs akan meningkat tahun ini.

Laba bersih seluruh perusahaan turun 24% menjadi $5,71 miliar, atau $2,20 per saham, dari $7,47 miliar, atau $2,72 per saham, pada kuartal yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan belanja iklan China membantu mengangkat angka kuartal pertama perusahaan, dengan Chief Financial Officer Susan Li mengatakan kepada analis bahwa kenaikan itu “sebagian disebabkan oleh penurunan biaya pengiriman dan pelonggaran penguncian Covid untuk pengiklan tersebut.”

Meta mengatakan bahwa total pengeluaran untuk tahun 2023 akan berkisar antara $86 miliar hingga $90 miliar. Angka itu termasuk biaya restrukturisasi yang berkisar antara $3 miliar hingga $5 miliar.

Belanja modal akan tetap berkisar antara $30 miliar hingga $33 miliar. Angka itu menyumbang peningkatan investasi kecerdasan buatan dan produk yang didukung iklan seperti newsfeed dan Reels, kata perusahaan itu.

Reli setelah pasar semakin mendorong saham yang berada dalam tren naik sejak Zuckerberg mengumumkan pada Februari bahwa 2023 akan menjadi “tahun efisiensi” perusahaan.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Baru 23 Tahun & Freshgraduate, Ini ‘Pesaing’ Anak Haji Isam

(fsd/fsd)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terhubung Dengan Kami
Link Asli adalah EKSEKUTIF.com - Hati-Hati Dengan Jurnalis Yang Mengaku Majalah Eksekutif. Organik kami berintegritas. Mematuhi kode etik Dewan Pers. Memiliki ID Card majalah eksekutif. JIka kurang yakin, silahkan WA 0816-1945-288 untuk konfirmasi.
Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini