6 Cara Mencuci Wajah yang Tepat untuk Kulit Berminyak

  • Bagikan
Jenis sabun muka untuk jerawat memiliki formula dan kandungan khusus. Berikut rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan beruntusan.


, Eksekutif

Ketika Anda adalah pemiliknya kulit berminyak, ada kalanya frustrasi karena wajah terlihat berkilau atau riasan wajah lekas luntur.

Karena itu, Anda perlu memahami hal paling mendasar dalam perawatan kulit, yaitu cara cuci muka yang benar untuk jenis kulit berminyak Anda.

Dikutip dari halaman Mode, untuk mencuci wajah dengan kulit berminyak, maka Anda harus mencari sabun muka atau gel pembersih berbahan dasar busa yang mengandung AHA, BHA, niacinamide, arang, dan tanah liat.

Ketika menentukan pencuci muka, pilih yang berbasis busa sehingga betul-betul mampu membersihkan wajah tanpa menghilangkan seluruh minyak pada kulit. Sebelum mencuci muka, jika kulit Anda berminyak, mulailah dengan menghapus riasan atau sisa dandan dengan air misel kemudian diikuti cairan pembersih atau pembersih.

Berikut enam cara cuci muka yang benar untuk kulit berminyak dikutip dari berbagai laman kesehatan dan perawatan kulit.

Cuci muka secara teratur

Ilustrasi. Beberapa cara cuci muka yang benar untuk kulit berminyak bisa Anda ikuti. (Istockphoto/skynesher)

Mencuci muka secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Berikut rekomendasi cara cuci muka yang benar untuk kulit berminyak dikutip dari laman Berita Medis Hari Ini.

  • Cuci dengan sabun yang lembut dan air hangat
  • Hindari sabun dengan wewangian, pelembap tambahan atau bahan kimia yang keras yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit
  • Hindari waslap kasar karena gesekan dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak

Jika metode di atas tidak efektif, maka Anda bisa mencari produk dengan kandungan asam yang dapat mengatasi kulit berminyak seperti asam salisilat, asam glikolat, asam beta-hidroksi, benzoil peroksida.

Pakai toner

Gunakan toner dengan kandungan tinggi tannin sebagai zat alami dan anti-inflamasi. Anda disarankan untuk menguji terlebih dulu toner yang baru akan dipakai pada sepetak kecil bagian kulit, demi menghindari potensi iritasi.

Memiliki kulit berminyak boleh jadi membuat Anda tergoda untuk mencuci muka beberapa kali sehari. Tapi, ini justru akan lebih berbahaya.

American Academy of Dermatology menyatakan, Anda hanya bisa mencuci muka dua kali sehari. Itu setelah banyak berkeringat. Sebab, pembersihan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan produksi minyak meningkat.

Tepuk-tepuk wajah hingga kering

ilustrasi perawatan kulitIlustrasi. Salah satu cara cuci muka yang benar untuk kulit berminyak adalah dengan menepuk-nepuk wajah hingga kering. (iStockphoto/ake1150sb)

Setelah mencuci dan menggunakan toner, proses pengeringan bisa Anda lakukan dengan menepuk-nepuk kulit muka secara lembut menggunakan handuk.

Namun, langkah tersebut harus dilakukan dengan hati-hati. Hindari menggunakan waslap kasar karena dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak sebum.

Gunakan pelembab

Ikuti langkah membersihkan muka dengan melembapkan. Melewatkan pelembap malah akan membahayakan kulit Anda. Jika kulit Anda terkelupas, ini bisa membuat lebih banyak minyak untuk mengkompensasi hilangnya sebum.

Carilah pelembap yang diformulasikan untuk jenis kulit berminyak.

Lakukan eksfoliasi secara teratur

Pengelupasan akan membantu menghilangkan penumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit Anda. Gunakan menggosok untuk membantu pengelupasan kulit secara lembut dan membuka pori-pori Anda, sehingga mengurangi kilau pada kulit berminyak.

Anda dapat menggunakan menggosok hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Perlu diingat, frekuensi eksfoliasi atau pengelupasan juga bergantung pada kondisi kulit Anda. Karena itu perhatikan bagaimana keadaan kulit Anda untuk menentukan pilihan terbaik.

Cobalah memakai masker wajah

Dalam seminggu, Anda bisa mulai menambahkan penggunaan masker wajah ke rutinitas perawatan kulit. Pilih jenis masker yang sesuai jenis kulit Anda yakni kulit berminyak.

Oleskan masker merata pada kulit dan keringkan. Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, gunakan masker wajah setidaknya tiga kali dalam seminggu guna melengkapi cara cuci muka yang benar untuk kulit berminyak.


.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tak Hanya Produk Branding, Media Massa Pun Dipalsukan Seperti Majalah EKSEKUTIF ini